Mau Untung Terusss.... Silahkan Klik Banner Di Bawah Ini...

Mau Untung Terusss.... Silahkan Klik Banner Di Bawah Ini...

Kamis, 07 Oktober 2010

Training Penyiar Radio SKM FM

 


Ternyata menjadi seorang penyiar tidak hanya bertugas memutar lagu saja. Banyak hal yang harus diketahui dan dipelajari dengan sungguh, sehingga lebih memahami Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS) yang menjadi pedoman bagi setiap lembaga penyiaran baik radio maupun televisi lokal yang ada di Indonesia.

Dalam rangka menjalankan Program Kerja Radio SKM FM Th. 2010 yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas acara dan Sumber Daya Manusia maka untuk kali yang kedua Radio SKM mengikuti kembali mengikuti pelatihan radio. Namun kali ini dikhususkan untuk penyiar radio dan yang diadakan di Hotel Santhi Bali mulai tanggal Tanggal 14 -24 September 2010. Pelatihan yang diberi nama Announcer Training diselenggarakan oleh HCJB Global yang berpusat di Amerika bekerja sama dengan Radio Dian Mandiri Network, yaitu salah satu jaringan radio terbesar di Indonesia. Acara ini diikuti oleh 21 penyiar dari beberapa daerah di Indonesia. Sedangkan dari Pangkalan Bun( Kalteng) diwakili oleh Ita Alimenia dan Yolanda Pirong, yang merupakan staff penyiar Radio SKM FM.


Acara ini diadakan mulai pukul 07.00– 21.00 WIB, namun di selingi Istirahat, Coffe Break, dan makan yang rutin, sehingga kondisi fisik tetap Fit. Walaupun acara padat, diselinggi pembelajaran teori, praktek, dan pekerjaan rumah, namun karena persiapan matang para Trainer mengatur system pelatihan yang variatif, menjadi tidak membosankan.

Dalam Announcer Training ada 4 orang Trainer dari HCJB Global, diantaranya:
1. John Brewer
2. Janice
3. James
4. Tyson
5. Steave

Adapun materi-materi yang disampaikan adalah:
1. Profil Target Audience
2. Men-Set Up Studio
3. Adobe Audition
4. Perencanaan Program
5. Voice Break
6. Pengaturan Sound
7. Melibatkan Pendengar
8. Persiapan Program
9. Kemampuan Dasar siaran
10. Bagaimana Pendengar Belajar
11. Menulis untuk radio
12. Voice Acting
13. Membaca Skrip Radio
14. Latihan kemampuan siaran
15. Rekaman langsung di lokasi
16. Wawancara
17. Voice Tracking
18. Kode Etik Media
19. Merencanakan program berseri, dll

Dengan lokasi belajar yang nyaman, belum lagi diberikan kebebasan untuk masing-masing kelompok mengerjakan tugas di tempat yang mereka merasa nyaman. Ya…begitu nyaman!!! Tak hanya itu, kami pun Outing ke Sukawati (tempat perbelanjaan khas Bali) dan menyusuri Pantai Kute, membuat acara terasa lengkap. Ajang para penyiar foto-foto dengan gaya narzis.

Kegiatan yang sangat baik, disamping menambah pengetahuan penyiar, kegiatan ini membangun jejaring yang baik sesama penyiar, juga dapat bertukar pikiran dan saling berbagi pengalaman. Sungguh kenangan yang tidak terlupakan. Terima kasih untuk HCJB, Dian Mandiri, dan semua panitia yang telah berjerih lelah hingga terlaksananya acara ini, serta temen-temen yang gokil. Good Luck.


Yolanda Pirong





1 komentar:

  1. aku jiga suka profesi ini, aku ingin mengikuti training ini bagaimana caranya ya, memang waktu smp saya pernah menjadi penyiar di radio local, di sana bebas bagi siapa saja yang igin mengembangkan bakatnya tetapi autodidac, saya juga pernah menjadi pembawa acara, dan pernah tidak di bayar namun aku tidak patah se4mangat aku tetap berlatih, aku ingin sekali ikut training di sini. kalo berminat mengajak saya call/sms ke 085863335390. Broadcasting world is My dream!

    BalasHapus

Tinggalkan Komentar ANDA di sini...