Mau Untung Terusss.... Silahkan Klik Banner Di Bawah Ini...

Mau Untung Terusss.... Silahkan Klik Banner Di Bawah Ini...

Kamis, 11 Maret 2010

Cara Cepat Membangun Radio Streaming

Beberapa waktu yang lalu kami berpikir membuat Radio Streaming yang dipancarkan melalui internet adalah satu hal yang sangat sulit, apalagi ketika mendengar untuk membuatnya kita harus menyewa server yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ternyata anggapan selama ini adalah salah karena kami menemukan langkah-langkah yang sangat mudah membangun sebuah Radio Streaming dengan menggunakan server gratisan Listen2MyRadio bahkan dapat dibuat kurang dari 1 (satu) jam saja.

Dengan sebuah perangkat komputer dengan sistim operasi Windows, jaringan internet dan server dari Listen2MyRadio, maka Anda dapat langsung memiliki Radio Streaming sendiri. Dan berikut ini kami akan membagikan tahap demi tahap untuk membangun Radio Streaming. Jika Anda telah berhasil jangan lupa berikan komentar dan kalau ada pertanyaan silahkan dapat ditanyakan kepada kami.


PENGATURAN SERVER DI LISTEN2MYRADIO
1. Masuklah ke http://www.listen2myradio.com. Daftarkanlah diri Anda terlebih dahulu dengan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan (Signup) di sana.
2. Setelah mengisi dengan lengkap, Listen2MyRadio akan mengirimkan link konfirmasi pendaftaran ke alamat email yang kita daftarkan. Kliklah link konfirmasi pendaftaran tersebut dari email Anda.
3.Kini masuklah ke menu administrasi dengan mengisi username dan password yang telah Anda daftarkan pertama kali, kemudian klik Login.
4. Saat menu administrasi muncul, klik bagian Radio Instalitation dan aturlah nama radio, alamat URL, password untuk penyiar dan admin. Misalnya: skmfm.listen2myradio.com
5. Setelah selesai kembalilah ke menu dan klik sub menu dan pilih perperence. Apabila pengaturan server sudah benar maka tanda ‘ON’ berwarna hijau akan muncul. Catatlah ‘address to broadcast’ beserta nomer ‘port’, sebab nomer ini yang akan digunakan kelak untuk pengirim konten radio dari Winamp.
6. Apabila server tetap dalam posisi ‘OFF’, itu berarti kita harus menetapkan alamat server yang baru. Kliklah ‘Have problem with radio? Change sever to a better one’, klik PRESS HERE pada salah satu pilihan yang tersedia. Pengaturan ini akan menyebabkan ‘address to broadcast’ kita berubah juga. Catatlah perubahan alamat ini.
7. Sampai di sini tahap untuk pengaturan server telah selesai.

PENGATURAN CLIENT PENGIRIMAN KONTEN KE SERVER LISTEN2MYRADIO
1. Download dan install program Winamp serta SHOUTcast DSP Plugin di komputer yang akan digunakan untuk mengalirkan konten radio ke server listen2myradio. Silahkan Anda dapat mendownload di bawah ini.
2. Jalankan Winamp, klik kanan dan pilih ‘option’, lalu pilihlah perference. 


3. Klik DSP/Effect di bagian plugin dan pilihlah Nullsoft SHOUTcast Source DSP, kemudian akan muncul tampilan window SHOUTcast Source dengan menu Main, Output, Encoder dan Input

 

4. Pilihlah tab output, isilah dengan address, port dan password yang telah kita buat terlebih dahulu di http://www.listen2myradio.com. Jika pengaturan kita benar maka di bagian status akan mulai bekerja pengiriman dan hal ini menunjukkan bahwa kita telah berhasil.


5. Sekarang masuklah ke tab Input dan pilihlah input device pada Winamp. Masuklah ke tampilan Winamp, pilih lagu dan jalankan. Perhatikan apakah di display Output ada pengaruh. Jika ya aturlah agar suara tidak terlalu besar atau terlalu kecil di tombol mixer. Pengaturan yang baik adalah sekitar 0 db.


6. Jika Anda menggunakan Radio Konvensional (Radio Lokal) sebagai sumbernya dan ingin mengudara ke seluruh dunia melalui Radio Streaming, maka gantilah di input devicenya dari Winamp menjadi Soundcard Input dan lihatlah apakah di output ada perubahan. Jika ya aturlah pengaturan hingga mencapai suara terbaik. Pengaturan suara ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan pengaturan di sumber masuk suara dan pengaturan dengan mengklik pengaturan di ‘Open Mixer’. Lalu atur juga sumber audionya, pada microfon atau line sesuai sumber suara yang digunakan. 

7. Aturlah juga pengaturan di tab Encoder. Encoder Type ke MP3 dan Encoder Settings menjadi 24kbps, 22.050kHz, mono untuk membuat pengiriman konten menjadi ringan dan tidak tersendat-sendat. Semakin besar angka yang dipilih, akan semakin besar pula sofware ini membutuhkan kecepatan internet yang dibutuhkan.

8. untuk mencoba apakah Radio Streaming kita telah bekerja, silahkan Anda langsung masuk ke URL yang telah kita buat di listen2myradio (misalnya: htt://skmfm.listen2myradio.com).
9. Tampilan listen2myradio.com kita akan muncul lengkap dengan player yang langsung mengeluarkan audio yang kita pancarkan. Jangan kaget dengan banyaknya promosi di kanan dan kiri player berhubung ini adalah server gratisan, namun semuanya itu tidak mengurangi kehandalan dari server Listen2MyRadio.
9. Selesai sudah semua pengaturan dan seharusnya Radio Streaming kita dapat mengudara dengan baik. Jika belum, Anda dapat kembali kepada pengaturan awal. Selamat memiliki Radio Streaming yang akan memancar sampai ke seluruh dunia dan jangan lupa tinggalkan komentar Anda di bawah posting ini yach…

2 komentar:

Tinggalkan Komentar ANDA di sini...